Ribuan Hewan di Banyuwangi Disuntik Rabies, Ini Sebabnya

Rabu, 22 September 2021 – 09:50 WIB
Ribuan Hewan di Banyuwangi Disuntik Rabies, Ini Sebabnya - JPNN.com Jatim
ilustrasi-Ribuan Hewan di Banyuwangi Disuntik Rabies. FOTO : Jawa Pos

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi menggelar vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan di daerah setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi Arief Setyawan di Banyuwangi, Selasa (21/8) mengatakan vaksinasi rabies ini gratis diberikan kepada hewan yang berpotensi besar menularkan penyakit rabies.

"Vaksinasi pada hewan seperti kucing, anjing, kera, musang, atau binatang lain yang rentan tularkan rabies ini penting dilakukan karena sebagai upaya pencegahan pemilik terkena penyakit rabies," ujarnya.

Arief mengungkapkan pihaknya menyediakan sebanyak 2.300 dosis vaksin. Rencananya, ribuan dosis itu akan dibagi ke dala dua kelomok yaitu sebanyak 1.500 dosis untuk hewan liar dan 800 dosis untuk peliharaan.

"Terkait hewan liar, kami akan fokuskan kepada anjing dan kucing yang ada di perbatasan dengan kabupaten lainnya," imbuh Arief.

Pelaksanaan vaksinasi rabies gratis ini akan berlangsung sampai tanggal 28 September. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada 28 September tersebut.

Mengenai warga yang ingin mendaftarakan hewan peliharaannya, kata Rief, bisa dilakukan via online yakni lewat link: bit.ly/VaksinasiRabiesDispertaBWI. Pendaftaran daring ini telah dibuka sejak 17 September 2021 kemarin.

Sementara untuk lokasi vaksinasi, pemkab akan bekerja sama dengan rumah sakit hewan dan 10 pusat kesehatan hewan se-Banyuwangi.(antara/mcr17/jpnn)

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi menggelar vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan di daerah setempat.
Sumber Antara