Pohon Tumbang, Jalur Gumitir Diberlakukan Sistem Buka-Tutup, Hati-Hati!

Senin, 20 September 2021 – 19:20 WIB
Pohon Tumbang, Jalur Gumitir Diberlakukan Sistem Buka-Tutup, Hati-Hati! - JPNN.com Jatim
Petugas membersihkan jalur di kawasan Gunung Gumitir akibat longsor dan pohon tumbang di Jalan Jember-Banyuwangi, Senin (20/9/2021). (ANTARA/HO-BPBD Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Jalur kawasan Gunung Gumitir diberlakukan sistem buka-tutup setelah sebelumnya terjadi tanah longsor dan pohon tumbang di Jalan Jember-Banyuwangi, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bangsal, Jember.

"Petugas terpaksa membuka tutup jalur untuk membersihkan material longsor yang menutup sebagian badan jalan," kata Sekretaris BPBD Jember, Heru Widagdo, Senin (20/9).

Dia beranggapan insiden tersebut disebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di sebagian wilayah Kecamatan Silo.

"Akibatnya, pohon tumbang terjadi pada Minggu (19/9) sekitar pukul 10.00 WIB," ujar dia.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja, pohon tumbang sempat menimpa mobil Suzuki Ertiga bernomor polisi P 1668 XC, namun pengemudi selamat dan tidak mengalami luka.

Selain itu juga menyebabkan arus lalu lintas macet total dan akses jalan baru bisa dibuka pada Senin (20/9) pukul 01.00 WIB secara bergantian, buka tutup.

Heru mengatakan pembersihan material longsor terus dilakukan agar akses jalan satu-satunya yang menghubungkan Kabupaten Jember-Banyuwangi tersebut kembali normal.

"Saat ini alat berat sudah didatangkan untuk membersihkan material longsor dan pohon tumbang," tutur dia.

Petugas memberlakukan sistem buka tutup di jalur kawasan Gunung Gumitir, yang menghubungkan Jember dan Banyuwangi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News