Warga di Madiun Temukan Batu Bata Besar, Tim BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi

Selasa, 14 September 2021 – 23:15 WIB
Warga di Madiun Temukan Batu Bata Besar, Tim BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi - JPNN.com Jatim
BPCB Jawa Timur melakukan ekskavasi di Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun guna mencari potensi peninggalan bersejarah yang tersimpan di wilayah tersebut, Selasa (14/9/2021). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Tim peneliti Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan ekskavasi di Demangan, Taman, Kota Madiun untuk mencari potensi peninggalan bersejarah yang terpendam di wilayah tersebut.

Pamong Budaya Ahli Madya BPCB Jatim, Andi Muhammad Said menuturkan ekskavasi itu dilakukan setelah warga setempat menemukan dugaan benda bersejarah berupa batu bata besar di sekitar lokasi.

"Warga bilang dahulu juga ada yang sempat melihat struktur batu bata besar, namun kemudian tertimbun tanah lagi," kata Andi Muhammad Said, Selasa.

Adapun temuan batu bata ukuran besar tersebut tergolong unik. Bentuknya mirip seperti yang digunakan di struktur candi.

"Waktu pembangunan gorong-gorong dulu, informasinya juga sempat ditemukan batu besar dengan relief," ujar Said.

Jumlah batu bata berukuran besar yang ditemukan warga tersebut lebih dari satu. Bahkan, watu ombo tersebut ditemukan pula di sebuah perusahaan tegel sekitar lokasi.

"Itu termasuk temuan yang menonjol. Dari dahulu ada di perusahaan tegel tersebut, tetapi tidak ada yang tahu itu apa," tutur dia.

Sementara, ekskavasi dilakukan dengan menggali tanah yang difokuskan pada dua titik galian yang diduga terdapat peninggalan.

Sumber Antara