Ekskavasi Tahap Dua Situs Gondang Mulai Dilakukan, Identifikasi Sudut Struktur

Senin, 20 November 2023 – 10:45 WIB
Ekskavasi Tahap Dua Situs Gondang Mulai Dilakukan, Identifikasi Sudut Struktur - JPNN.com Jatim
Arkeolog melakukan proses eskavasi benda cagar budaya di Situs Gondang, Kecamatan Tugu, Trenggalek (ANTARA/HO-Denmas Aby)

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Sejumlah arkeolog dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Jatim mulai melakukan ekskavasi tahap dua Situs Gondang di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Ketua Tim Ekskavasi BPK Wilayah XI Jatim Muhammad Ichwan mengatakan ekskavasi lanjutan kali ini difokuskan pada identifikasi dan pembukaan sudut-sudut struktur.

"Harapannya, dengan penentuan sudut itu denah situs dan bentuknya bisa diprakirakan," kata Ichwan, Minggu (19/11).

Ekskavasi tahap dua dijadwalkan berlangsung selama enam hari. Hal itu menindaklanjuti temuan struktur batu bata kuno yang pertama kali ditemukan warga pada 2018.

Pada tahap awal dilaksanakan 16 kotak gali dengan temuan enam arca. Untuk itu, dalam ekskavasi tahap dua bakal dilakukan penggalian lebih lebar sehingga seluruh struktur bata kuno bisa terlihat.

"Galian bagian sudut utara dan timur sudah sampai titik bawah. Jadi, kita fokus pelebaran," ujarnya.

Menurutnya, temuan struktur batu-bata kuno terbilang dangkal. Hal itu mengacu penemuan bagian atas struktur dari hasil penggalian yang tak terlalu dalam.

Batu bata pada struktur itu berbentuk persegi panjang dan memiliki ketebalan antara 8-9 centimeter. Batu bata dengan bentuk itu biasa ditemukan pada bangunan era sebelum Majapahit.

Arkeolog BPK Jatim mulai melakukan ekskavasi tahap dua Situs Gondang untuk mengidentifikasi sudut-sudut struktur.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News