Bupati Konawe Selatan Berangkat Ke Madiun Demi Belajar ini

Selasa, 14 September 2021 – 12:46 WIB
Bupati Konawe Selatan Berangkat Ke Madiun Demi Belajar ini - JPNN.com Jatim
Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga (kanan) mengunjungi pabrik pengolahan porang PT Asia Prima Konjac di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, serta meninjau melihat lahan pembudidayaan porang, Senin (13/9/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kab Madiun)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Tanaman Porang menjadi salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia saat ini. Oleh karena itu pemerintah menginstruksikan kepada daerah-daerah agar sektor pertanian bisa mengembangkan komoditas yang berkualitas seperti porang.

Instruksi itulah yang mendorong Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga berangkat ke Kabupaten Madiun untuk belajar mengembangkan porang varietas Madiun-1.

Seperti diketahui, Porang Madiun-1 merupakan komoditas primadona yang sudah berhasil dijual sampai ke Jepang, China, dan sejumlah negara lainnya.

Harganya sekitar Rp55.000 per kilogram chips (irisan tipis) kering. Selain itu dalam bentuk tepung porang dijual dengan Rp100.000 hingga Rp150.000 per kilogram.

"Ke Kabupaten Madiun ini kami tengah mencari ilmu tentang bagaimana mengembangkan porang, karena kondisi alam di Sulawesi Tenggara sangat cocok dengan tumbuhan ini," jelas Surunuddin.

Ia juga menambahkan di daerahnya sudah ada porang tapi belum tersertifikasi. Oleh karena itu, mereka harus belajar terlebih dahulu dari Madiun.

Menurut Surunuddin, di Konawe Selatan sudah memiliki tanaman ekspor seperti merica, sawit, serta nilam. Terkait porang, mereka sedang megembangkannya.

"Rencananya, kami akan bawa porang Madiun-1 ini ke Konawe. Masyarakat di sana ingin tanam porang ini di sana," ungkapnya.

Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga berangkat ke Kabupaten Madiun untuk belajar mengembangkan..
Sumber Antara