Tingkatkan Kualitas Daging, Probolinggo Mulai Pengembangan Sapi Wagyu

Kamis, 09 September 2021 – 15:00 WIB
Tingkatkan Kualitas Daging, Probolinggo Mulai Pengembangan Sapi Wagyu - JPNN.com Jatim
Foto dok. Petugas DPKH memantau ternak sapi. (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo)

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Guna meningkatkan populasi ternak dan kualitas daging, Probolinggo bakal menggencarkan pengembangan tiga jenis sapi varietas unggul, yakni Wagyu, Belgian Blue, dan Proven Bull.

"Maka dari itu, setiap satu bulan diadakan dua kali kegiatan berupa posyandu ternak," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo, Yahyadi, Kamis (9/9).

Dia menjelaskan tiga jenis sapi varietas unggul itu akan dikembangkan di beberapa kecamatan sesuai potensi wilayahnya.

Yahyadi memerinci 100 dosis straw Belgian Blue akan dialokasikan di 12 kecamatan, 50 straw Wagyu di 16 kecamatan, dan 4 straw sapi perah Proven Bull di 4 kecamatan.

"Alhamdulillah, kami mendapatkan alokasi bibit straw (semen beku) dari Pemprov Jawa Timur berupa dua varietas besar sapi potong dan sapi perah," ujar dia.

Yahyadi menjelaskan untuk sapi potong ada varietas Sapi Wagyu yang postur dari dagingnya melebihi dari pada yang lain dan varietas Belgian Blue.

Dia pun berharap mudah-mudahan apa yang diikhtiarkan petugas di lapangan selalu mendapatkan petunjuk bagaimana upaya IB (Inseminasi Buatan) satu kali jadi.

Jika itu jadi, maka nanti akan mempunyai 50 ekor sapi Wagyu.

"Kami berharap dengan adanya langkah-langkah itu bisa meningkatkan populasi baik kualitas maupun kuantitas ternak, sehingga persediaan daging maupun susu di Kabupaten Probolinggo selalu melimpah," tutur Yahyadi. (antara/mcr13/jpnn)

Guna meningkatkan populasi ternak dan kualitas daging, Probolinggo mulai mengembangkan tiga jenis sapi varietas unggul, di antaranya, wagyu.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News