Pemkot Surabaya Diminta Terlibat Asah Kemampuan UMKM di Ranah Digital

Rabu, 08 September 2021 – 12:40 WIB
Pemkot Surabaya Diminta Terlibat Asah Kemampuan UMKM di Ranah Digital - JPNN.com Jatim
Sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ikut dilibatkan dalam pembuatan masker tiga lapis dalam jumlah besar di Balai Kota Surabaya, Rabu (7/7/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kemampuan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Surabaya, Jawa Timur, dinilai perlu ditingkatkan terutama di tengah pandemi Covid-19.

"Di situasi pandemi seperti sekarang, para pelaku UMKM harus mulai m3nibgkatkan skill ke ara digital," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Anas Karno di Surabaya, Rabu.

Anas menjelaskan pelaku UMKM saat ini tak boleh terus-terusan memakai cara lama.

"Kalau UMKM hanya sekedar menggunakan cara manual, pasti akan kalah," ujarnya.

Menurut Anas, UMKM yang akan banyak dilirik adalah UMKM yang bisa memanfaatkan momentum, dalam hal ini sekarang harus menggunakan fasilitas teknologi digital.

"Teknologi ini bisa digunakan dalam membangun komunikasi dan jaringan penjualan," papar Anas.

Namun, lanjut dia, pengembangan kemampuan UMKM ini harus diinisasi oleh Pemerintah Kota Surabaya, khususnya Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopum).

Terkait hal tersebut, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji sebelumnya sudah mendorong pelaku UMKM memasarkan dan mempromosikan produk mereka di platform digital.

Armuji juga sudah menjamin, kalau Dinas Koperasi dan UMKM akan melakukan pendampingan dan promosi terhadap pelaku usaha mikro.

"Jadi sudah harus beralih menggunakan platform digital agar bisa bersaing," pungkasnya. (antara/mcr17/jpnn)

 
Kemampuan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Surabaya, Jawa Timur, dinilai perlu ditingkatkan terutama di tengah pandemi Covid-19..

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News