Mahasiswa FK Unair Beri Edukasi Kesehatan Reproduksi Kepada Santri

Senin, 06 September 2021 – 20:44 WIB
Mahasiswa FK Unair Beri Edukasi Kesehatan Reproduksi Kepada Santri - JPNN.com Jatim
Edukasi kesehatan reproduksi yang diberikan mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran dan pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya kepada santri putri di SMP Al Izzah Batu, Jawa Timur. (ANTARA Jatim/HO-Humas FK Unair/WI)

jatim.jpnn.com, BATU - Pendidikan atau edukasi kesehatan reproduksi merupakan hal yang penting diketahui sejak dini, terutama bagi remaja yang tengah menuju pubertas

Hal itulah yang mendorong Tiga mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran dan pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk memberikan edukasi tersebut kepada para santri putri di SMP Al Izzah Batu, Jawa Timur.

Dosen pembimbing mahasiswa tersebut, Dr. Eighty Mardiyan K, dr, SpOG (K), Senin mengatakan para remaja santri tersebut sedang jauh dari orang tua.

"Padahal masa seperti itu penting untuk mereka tahu soal kesehatan reproduksi dengan pendampingan yang baik," katanya 

Menurut Dr. Eighty, munculnya menstruasi, pubertas, dan keputihan menjadi tanda yang akan membuat para santri tersebut bertanya-tanya. 

"Oleh karena itu, sebagai insan akademis, kami mempunyai kewajiban untuk memberikan pemahaman pada mereka," paparnya.

Pada kegiata tersebut ketiga mahasiswa  tersebut yakni Cahyani Tiara, Safa Salsabila dan Nur Anisah R mengajari 235 santri putri SMP Al Izzah.

Setelah diberikan materi, para santri dipersilahkan konsultasi dan pemeriksaan.

"Ada sebanyak 16 santri yang mengeluh soal keputihan dan gangguan haid," kata Dr. Eighty.

Dia menyarankan kepada para santri agar rajin ganti pembalut saat haid dan melakukan cara cebok yang benar.

Selain presentasi dan pemeriksaan, tim mahasiswa juga menyiapkan modul tentang kesehatan reproduksi yakni "Buku Saku tentang puber untuk aku dan kamu".

"Bukunya semoga bisa berguna untuk para santri di pondok terutama mengenai kesehatan reproduksi," pungkasnya. (antara/mcr17/jpnn)

 
Pendidikan atau edukasi kesehatan reproduksi merupakan hal yang penting diketahui sejak dini, terutama bagi remaja yang tengah menuju pubertas.
Sumber Antara