Cegah Pemalsuan Sertifikat Vaksinasi, 4 Pelabuhan Ini Manfaatkan Aplikasi PeduliLindungi

Minggu, 29 Agustus 2021 – 11:29 WIB
Cegah Pemalsuan Sertifikat Vaksinasi, 4 Pelabuhan Ini Manfaatkan Aplikasi PeduliLindungi - JPNN.com Jatim
Aplikasi PeduliLindungi. Foto: ANTARA /Zabur Karuru

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pelindo III mulai memanfaatkan fitur pendeteksi sertifikat vaksinasi dari aplikasi PeduliLindungi di empat pelabuhan guna mendukung proses validasi syarat-syarat bepergian.

Keempat pelabuhan itu, antara lain, Tanjung Perak (Surabaya), Tanjung Emas (Semarang), Benoa (Denpasar, Bali) dan Pelabuhan Banjarmasin (Kalimantan Selatan) mulai 28 Agustus lalu.

Vice President Corporate Communication Pelindo III, Suryo Khasabu memaparkan pemanfaatan fitur aplikasi PeduliLindungi itu dinilai memberikan banyak kemudahan dan menguntungkan pihak-pihak terkait.

"Alat itu digunakan mendukung proses validasi syarat-syarat bepergian, seperti sertifikat vaksinasi, hasil pemeriksaan antigen ataupun swab PCR," kata Suryo di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/8).

Dia menjelaskan calon penumpang kapal laut kelak cukup memindai barcode pada aplikasi PeduliLindungi dalam ponsel ke alat yang tersedia di pelabuhan.

Berikutnya akan ada pemberitahuan, apakah mereka layak melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal laut.

Selain cepat dan mudah, alat itu mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan calon penumpang sehingga meminimalkan risiko penularan COVID-19.

"Alat tersebut juga mencegah pemalsuan dokumen perjalanan seperti sertifikat vaksin dan hasil pemeriksaan antigen maupun PCR," ujar dia. (antara/mcr13/jpnn)

Pelindo III mulai memanfaatkan fitur pendeteksi sertifikat vaksinasi dari aplikasi PeduliLindungi di empat pelabuhan guna mendukung proses validasi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News