Warga Surabaya yang Masih Malu Mengaku Terpapar Covid-19, Pemkot Sediakan Layanan ini

Sabtu, 28 Agustus 2021 – 14:58 WIB
Warga Surabaya yang Masih Malu Mengaku Terpapar Covid-19, Pemkot Sediakan Layanan ini - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M. Fikser (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Layanan Undercover 112 Covid-19 di Kota Surabaya akan membantu mempecepat penanganan 3T (tracing, testing, dan treatment) atau pemeriksaan terkait Covid-19.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M. Fikser di Surabaya, Sabtu, mejelaskan Undercover 112 Covid-19 dikhususkan bagi pasien yang terpapar virus corona maupun kontak erat.

"Layanan ini terutama untuk mereka yang masih belum berani atau malu untuk lapor kalau mereka terpapar Covid-19," terang Fikser

Mekanisme layanan ini, lanjut Fisker, menerapkan pendekatan dan intervensi secara lebih halus agar tidak diketahui masyarakat lainnya.

"Jadi, ketika warga dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, pasien dapat langsung menghubungi layanan 112 untuk mendapatkan arahan. Dari situ petugas akan tangani secara halus tanpa harus diketahui oleh masyarakat sekitar," jelas Fisker

Sistem ini, kata Fisker, penting agar tidak ada penundaan yang diterima oleh petugas untuk dilakukan pemeriksaan. Namun penangan yang dilakukan tidak akan terlalu mencolok seperti didatangi satgas dalam jumlah yang banyak.

"Pola yang diterapkan lebih halus, satgas kami tidak datang berbondong-bondong sehingga pasien tidak takut atau minder dengan sekitarnya," ujarnya.

Oleh karena itu, Fikser menghimbau pada seluruh masyarakat agar terlibat dan tidak perlu malu. Hal ini tentu demi memberantas Covid-19. (antara/mcr17/jpnn)

Layanan Undercover 112 Covid-19 di Kota Surabaya akan membantu mempecepat penanganan 3T (tracing, testing, dan treatment) atau pemeriksaan terkait Covid-19

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News