Karena Lahan di Kediri Sempit, Pemkot Bagikan Benih Ikan Koi untuk Diternak

Jumat, 27 Agustus 2021 – 07:48 WIB
Karena Lahan di Kediri Sempit, Pemkot Bagikan Benih Ikan Koi untuk Diternak - JPNN.com Jatim
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (kiri) memasukkan ikan hias koi ke dalam kolam warga di Keluran Gayam, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (26/8/2021). Pemkot Kediri memberikan bantuan sekitar 10 ribu bibit ikan koi kepada peternak untuk mendorong produktivitas serta peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Foto: Antara Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Sebanyak 10 ribu benih ikan hias jenis koi disalurkan oleh Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, kepada para peternak yang ada di wilayah setempat.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan beternak ikan hias memiliki potensi yang besar.

"Ternak ikan koi ini besar potensinya, terlebih di Kota Kediri yang kurang memiliki lahan yang luas, jadi beternak ikan hias sangat tepat," terangnya

Menurut Abu Bakar, lahan yang sempit ini menyulitkan warga untuk beternak ayam atau sapi di Kota Kediri.

"Saya berdiskusi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian tentang beternak apa yang tidak bau dan bersahabat dengan tetangga. Paling mudah ya beternak ikan," katanya.

Abu Bakar menambahkan untuk semakin memperlebar pasar dan ekosistem ternak ikan koi, harus dilakukan kolaborasi.

"Semua harus berkolaborasi. Pelajari mereka yang sudah berhasil. Lalu manfaatkan media sosial. Bagi kelompok yang bertani dan bagian penjualan. Semua harus telaten,Insya Allah nanti akan berhasil," kata dia.

Di sisi lain, Ifan, salah satu petani ikan koi yang dapat bantuan mengaku tertarik menggeluti ternak ikan koi. Dengan bantuan yang diberikan pemkot, ia berharap apa yang dilakukannya semakin berkembang.

Sebanyak 10 ribu benih ikan hias jenis koi disalurkan oleh Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, kepada para peternak yang ada di wilayah setempat.
Sumber Antara