KKN Tematik Unej Fokus Tangani Stunting

Rabu, 25 Agustus 2021 – 13:11 WIB
KKN Tematik Unej Fokus Tangani Stunting - JPNN.com Jatim
Rektor Unej Iwan Taruna saat memaparkan inovasi KKN tematik untuk penanganan stunting dalam rakornas yang digelar Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Wakil Presiden secara daring di Kampus Unej, Selasa (24/8/2021). (ANTARA/HO-Humas Unej)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Penanganan stunting masih menjadi fokus pemerintah maupun pihak terkait pada tahun 2021 ini.

Begitu halnya yang dilakukan oleh Universitas Jember (Unej), Jawa Timur.

Dalam paparannya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Penurunan Stunting yang digelar secara daring pada Selasa (24/8), Rektor Unej Iwan Taruna mengatakan penanganan stunting menjadi salah satu tema yang menjadi fokus kampus.

"Dalam hal ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) bersama mahasiswa dalam KKN tematik, stunting menjadi persoalan yang akan dikaji," kata Iwan Taruna.

Dalam program KKN tematik yang bertajuk "Unej Membangun Desa" misalnya, pada tahun 2018 telah menargetkan penyelesaian stunting.

"Itu berangkat dari angka prevalensi stunting di Jember dan kota-kota sekitarnya masih cukup tinggi," papar Iwan.

Dari situ, mahasiswa KKN kemudian dikerahkan menangani stunting di 30 desa di tiga kabupaten, yakni Bondowoso, Situbondo dan Probolinggo.

Menurut Iwan, pihaknya akan terus mendukung langkah pemerintah dalam menangani stunting, termasuk di masa pandemi Covid-19 ini.

Penanganan stunting masih menjadi fokus pemerintah maupun pihak terkait pada tahun 2021 ini.
Sumber Antara