Akhir 2022, Kereta Cepat Karya Anak Bangsa Ditargetkan Bisa Beroperasi

Selasa, 17 Agustus 2021 – 14:15 WIB
Akhir 2022, Kereta Cepat Karya Anak Bangsa Ditargetkan Bisa Beroperasi - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - PT INKA (Persero) melakukan uji coba purwarupa atau prototipe trem bertenaga baterai di jalur kereta api dengan menempuh perjalanan dari Stasiun Madiun sampai Stasiun Babadan pergi-pulang (PP), Selasa (10/11/2020). (ANTARA/Louis Rika)

jatim.jpnn.com, MADIUN - PT INKA (Persero) tengah mempersiapkan pembuatan kereta cepat yang mampu melaju sampai 200 kilometer per jam untuk dioperasikan di jalur Makassar—Pare Pare, Sulawesi Selatan.

"Untuk Makassar–Pare Pare, kami siap mengoperasikan kereta cepat produk anak negeri pada 2022 dengan teknologi hybrid battery," kata Direktur Pengembangan PT INKA (Persero), Agung Sedaju, Senin (16/8).

Dalam penggarapannya, proyek itu dipimpin Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan dibantu pula konsorsium Prioritas Riset Nasional Teknologi Perkeretaapian.

Dalam konsorsium itu terdapat sejumlah perguruan tinggi seperti ITB, ITS, UNS, dan UGM, serta beberapa industri terkait perkeretaapian seperti PT Pindad.

Direktur Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi BPPT, Muljadi Sinung Harjono menyampaikan pada 2020, pihaknya sudah menyelesaikan DR serta O (design requirement and objective) atau pre-spesifikasi teknis.

Lalu pada 2021, targetnya merampungkan basic and manufacture design.

"Sedang di tahun 2022, kami ada rencana anggaran pembangunan sarana prototipe kereta api cepat," tutur Muljadi.

Maka dari itu, dibutuhkan lokasi pengujian sebenarnya untuk kereta api berkecepatan di atas 200 km per jam sepanjang 20 kilometer dengan lebar jalur yang mencukupi.

Tahun depan, diharapkan kereta api cepat karya anak bangsa bisa segera beroperasi di Indonesia, simak detailnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News