Legislator Pesimistis Target PAD Surabaya Tahun Ini Tercapai

Jumat, 06 Agustus 2021 – 23:58 WIB
Legislator Pesimistis Target PAD Surabaya Tahun Ini Tercapai - JPNN.com Jatim
Dokumentasi - Pemasangan 'paving block' di Jalan Panggung, Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu. (Antara Jatim/Didik Suhartono/ZK)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Proyek pembangunan skala kecil di Kota Surabaya, Jawa Timur, dengan nilai sekitar Rp 1,5 miliar tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya Sukadar menjelaskan gelombang kedua COVID-19 pada tahun ini sedianya berdampak pada program pembangunan Kota Pahlawan, terutama untuk proyek-proyek skala besar.

"Namun, untuk proyek pembangunan dengan skala kecil seperti membuat jalan di kampung-kampung, paving, dan saluran di Surabaya masih terus berjalan," kata dia, Jumat (6/8).

Dia memaparkan APBD Kota Surabaya tahun anggaran 2021 banyak yang direlokasi guna percepatan penanganan pandemi COVID-19. Salah satunya alokasi dana terdampak pada sektor pembangunan.

Sukadar menjelaskan APBD Surabaya 2021 sebesar Rp 9,8 triliun dengan target pendapatan asli daerah (PAD) senilai Rp 8,8 triliun. Namun hingga semester I ini, income yang ditargetkan minimal Rp 5 triliun belum tercapai.

"Kami tidak yakin target PAD Rp 8,8 triliun bisa tercapai. Dampak pandemi COVID-19 memang luar biasa di semua sektor," ujar dia.

Legislator itu menyatakan dari segi pengelolaan anggaran, Kota Surabaya saat ini tidak menentu. Pemkot sebagai eksekutor pun patah arang untuk memenuhi target PAD.

Sementara potensi PAD Kota Surabaya dari sektor pajak juga tidak bisa diharapkan. Sehingga, pembangunan yang bisa dikerjakan saat ini hanya proyek-proyek kecil.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya Sukadar tak yakin target PAD Kota Pahlawan dapat terpenuhi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News