Galang Bantuan COVID-19, ASN Surabaya Manfaatkan Aplikasi E-Peken

Jumat, 06 Agustus 2021 – 16:33 WIB
Galang Bantuan COVID-19, ASN Surabaya Manfaatkan Aplikasi E-Peken - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - ASN lingkungan Pemkot Surabaya diajak menggalang bantuan untuk warga terdampak COVID-19. Foto: dok.JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - ASN di lingkungan Pemkot Surabaya, Jawa Timur mulai memanfaatkan aplikasi E-Peken (Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo) untuk membantu penanganan COVID-19 di Kota Pahlawan.

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara memaparkan bantuan yang dikumpulkan oleh ASN melalui organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing berbeda antara satu dengan yang lainnya.

"Ada yang langsung memberi bantuan berupa sembako mungkin juga dengan sejumlah uang," kata Febri, Jumat (6/8).

Febri menjelaskan donasi yang terkumpul itu langsung digunakan oleh masing-masing OPD untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, minyak, dan telur di toko kelontong binaan Pemkot Surabaya via aplikasi E-Peken.

Barulah disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan melalui Surabaya Peduli Bencana.

Dengan skema tersebut, Pemkot Surabaya juga berupaya untuk menggerakkan roda perekonomian di Surabaya.

"Belinya dari toko kelontong, kan, mereka mengalami penurunan penjualan, lalu sembakonya diserahkan ke orang yang membutuhkan. Uangnya dari gaji ASN yang dibayarkan lewat APBN dan APBD. Berputar jadinya," ujar dia.

Febri memastikan penggalangan dana para ASN itu bersifat tidak memaksa. Namun, pegawai negeri tersebut dianjurkan untuk berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Kami lakukan kegiatan itu untuk menumbuhkan empati," tutur dia.

Menurut Febri, ASN merupakan salah satu jenis pekerjaan yang tidak terdampak langsung pandemi. Oleh karena itu, dia ingin aparatur sipil lingkup Pemkot Surabaya mau menyisihkan sedikit rezekinya.

ASN Surabaya melakukan gerakan penggalangan bantuan warga terdampak pandemi COVID-19 dengan mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi E-peken
Sumber Antara