Pemkot Kediri Gelar 'Atensi' Untuk Bantu Penyandang Disabilitas Setempat

Kamis, 05 Agustus 2021 – 11:49 WIB
Pemkot Kediri Gelar 'Atensi' Untuk Bantu Penyandang Disabilitas Setempat - JPNN.com Jatim
Rapat pembahasan kegiatan asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) guna membantu penyandang disabilitas di Kota Kediri. ANTARA Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar kegiatan asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) untuk membantu penyandang disabilitas di wilayah itu.

Kegiatan tersebut merupakan sinergi antara Pemkot Kediri dengan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BRSPDI) Kartini Temanggung.

Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Kediri, Luluk Nita Kumala, mengatakan pelaksanaan kegiatan itu bertujuan memenuhi kebutuhan serta melindungi hak-hak penyandang disabilitas.

"Jenis layanan yang diberikan itu berdasarkan hasil asesmen dari pendamping penyandang disabilitas," kata Luluk, Rabu (4/8).

Dia menjelaskan Atensi merupakan program untuk melaksanakan rehabilitasi sosial yang terarah, terpadu, serta berkelanjutan oleh pemerintah pusat, pemda, dan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, BRSPDI berkoordinasi dengan Dinsos Kota Kediri mengenai sasaran jangkauan pelayanan seluruh penyandang disabilitas. Terlebih, saat ini masa darurat COVID-19, tentunya bantuan tersebut berharga bagi mereka yang membutuhkan.

"Pada tahun ini, Kota Kediri mendapat kuota layanan sebanyak 111 penyandang disabilitas yang memerlukan asesmen mendalam guna mengetahui kebutuhan mereka masing-masing," kata dia.

Program Atensi itu pun termasuk pelayanan pembinaan keterampilan dan kemandirian penyandang disabilitas melalui pelaksanaan rehabsos di BBRSPDI selama tiga bulan.

Sumber Antara