Perubahan Tarif Tol Gempol-Pasuruan, Berlaku Mulai 1 Agustus 2021

Sabtu, 31 Juli 2021 – 22:59 WIB
Perubahan Tarif Tol Gempol-Pasuruan, Berlaku Mulai 1 Agustus 2021 - JPNN.com Jatim
Ilustrasi-ruas tol Gempol-Pasuruan. Foto: ANTARA/HO-Jasa Marga

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Pengelola Tol Gempol-Pasuruan, Jawa Timur, bakal menetapkan tarif baru yang bakal berlaku pada 1 Agustus 2021.

Direktur Badan Pengelola Ruas Tol Gempol-Pasuruan Widiyatmiko Nursejati mengatakan penyesuaian tarif ini memperhitungkan rasionalisasi tarif berdasarkan jumlah golongan yang kini dibagi menjadi tiga kategori.

Selain itu, penyesuaian tarif juga memperhitungkan penundaan penyesuaian tarif tol untuk Seksi I Gempol-Rembang, Seksi II Rembang-Pasuruan, dan Seksi III Pasuruan-Grati yang seharusnya mulai berlaku pada Januari lalu.

“Pada dasarnya, besaran tarif sesuai dengan evaluasi parameter teknis dan tingkat pengembalian investasi pada perjanjian pengusahaan Jalan Tol Gempol Pasuruan,” ujar Widiyatmiko, Sabtu (31/7).

Widiyatmiko mengatakan penyesuaian tarif dilakukan untuk menjaga kepercayaan investor dengan memastikan iklim investasi jalan tol berjalan kondusif sesuai dengan rencana bisnis.

Selain itu, Pengelola Tol Gempol-Pasuruan juga secara konsisten melakuan peningkatan layanan transaksi di loket pembayaran dengan memperbaiki sejumlah ruas jalan.

" Selain itu di masa pandemi Covid-19 ini, kami juga melaksanakan giat pembersihan reader kartu tol setiap 30 menit dengan menggunakan Cairan disinfektan," kata Widiyatmiko.

Rata-rata penyesuaian tarif baru Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,15 km itu mengalami kenaikan antara Rp 500 hingga Rp 5.000 per transaksi.

Sebagai contoh, perjalanan terjauh bagi kendaraan golongan 1 dari Gempol Junction menuju Gerbang Tol Grati maupun sebaliknya yang tarif semula Rp 36.000, kini menjadi Rp 39.000. (mcr6/antara/jpnn)

Pengelola Tol Gempol-Pasuruan, Jawa Timur, bakal menetapkan tarif baru yang bakal berlaku pada 1 Agustus 2021.