Setiap Pasar Tradisional Ada Pokso PPKM, Fungsinya Berikut

Rabu, 28 Juli 2021 – 22:42 WIB
Setiap Pasar Tradisional Ada Pokso PPKM, Fungsinya Berikut - JPNN.com Jatim
Polri dirikan Posko PPKM Pasar Sehat. ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya untuk membentuk posko PPKM di setiap pasar tradisional.

"Seluruh jajaran membentuk posko PPKM di pasar untuk mengantisipasi penyesuaian ekonomi kerakyatan," kata Sigit, Rabu (28/7).

Sebanyak 9.213 posko PPKM pasar tradisional mulai beroperasi aktif sejak Selasa (27/7) di seluruh Indonesia. Jumlah itu berasal dari unsur TNI, Polri, dan sukarelawan.

Dia menerangkan aparat di posko PPKM bertugas memastikan pedagang maupun pengunjung pasar menerapkan standar protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran COVID-19.

Posko tersebut pun mengawasi penerapan sistem satu akses masuk di pasar dan memastikan kapasitas pengunjung yang datang tidak melebihi aturan.

Petugas juga berkewajiban mengukur suhu tubuh pengunjung di tiap pintu masuk pasar.

"Selain itu, mereka menyiapkan lokasi cuci tangan, membagikan masker, mengatur jarak antarpedagang, serta melakukan cek acak cepat antigen," ujar Sigit.

Posko PPKM dilengkapi pula layanan vaksinasi keliling dalam rangka mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity) sebagai salah satu upaya pengendalian COVID-19.

Sumber Antara