Mensos Risma Akui Anggaran Pemerintah Tangani COVID-19 Terbatas

Minggu, 25 Juli 2021 – 11:22 WIB
Mensos Risma Akui Anggaran Pemerintah Tangani COVID-19 Terbatas - JPNN.com Jatim
Menteri Sosial Tri Rismaharini memantau penyaluran bantuan sosial dan beras ke penerima manfaat di Kota Tuban, Jawa Timur, Sabtu (24/7/2021). (ANTARA/HO-Kemensos)

jatim.jpnn.com, TUBAN - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan bantuan sosial (bansos) pemerintah untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi tidak mungkin terus diberikan.

"Bansos PPKM tidak bisa terus menerus karena pemerintah memiliki keterbatasan," kata Risma, saat menyaksikan penyaluran bantuan sosial di Kantor Pos Kota Tuban, Jawa Timur, Sabtu, (24/7).

Untuk itu, Tri Rismaharini meminta masyarakat Tuban dan daerah lainnya untuk bersama-sama proaktif berupaya memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kalau enggak mematuhi protokol kesehatan (prokes), maka virus corona terus bermutasi, tak selesai-selesai. Kita tidak bisa menggerakkan ekonomi," ujar dia.

Mantan Wali Kota Surabaya itu memaparkan peningkatan kasus COVID-19 tidak bisa diikuti sumber daya pendukung penanganan.

Tenaga kesehatan (nakes) dan kapasitas rumah sakit terbatas, serta produksi alat kesehatan maupun obat-obatan juga tidak mencukupi.

Risma pun mengutarakan bantuan pemerintah berupa lima kg beras per bulan, bisa jadi tidak cukup untuk kebutuhan satu keluarga.

"Karena memang tujuannya untuk meringankan sebagian beban masyarakat. Itulah yang negara mampu berikan," tutur dia.

Mensos Tri Rismaharini menyampaikan bantuan sosial (bansos) pemerintah untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi tidak mungkin terus diberikan.
Sumber Antara