Gawat! Lumajang Diterpa Krisis Plasma Konvalesen

Kamis, 08 Juli 2021 – 23:14 WIB
Gawat! Lumajang Diterpa Krisis Plasma Konvalesen - JPNN.com Jatim
Foto dok. Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang juga penyintas COVID-19 mendonorkan plasma konvalesen di PMI Lumajang pada Januari 2021 (ANTARA/ HO - Diskominfo Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Stok plasma konvalesen di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menipis seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 beberapa hari terakhir.

"Stok plasma konvalesen yang ada tidak sebanding dengan banyaknya kebutuhan pasien Covid-19," kata Manajer Kualitas Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Lumajang Anis Mufaridah, Kamis (8/7).

Anis mengatakan minimnya stok plasma konvalesen juga disebabkan kurangnya donor dari para penyintas Covid-19.

Oleh sebab itu, PMI Lumajang mengimbau kepada para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesennya.

"Para penyintas kemungkinan kurang paham pentingnya plasma konvalesen bagi pasien yang terpapar Covid-19," katanya.

Anis mengatakan PMI Lumajang bakal melakukan berbagai cara mengajak para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen.

"Kami menghubungi langsung para penyintas dan melakukan upaya persuasif kepada mereka agar bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen untuk menolong pasien COVID-19," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lumajang, terajadi penambahan jumlah pasien Covid-19 sebanyak 154 kasus hingga 7 Juli.

Stok plasma konvalesen di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menipis seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 beberapa hari terakhir.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News