5 Alasan Petani dan Nelayan Didorong Konversi BBM ke Elpiji

Minggu, 27 Juni 2021 – 11:52 WIB
5 Alasan Petani dan Nelayan Didorong Konversi BBM ke Elpiji - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Pertamina Jatimbalinus kembali melanjutkan program konversi BBM ke elpiji bagi nelayan dan petani. (ANTARA/Zabur Karuru)

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) akan melanjutkan program konversi BBM ke elpiji bagi nelayan serta petani pada tahun ini.

"Penggunaan bahan bakar gas atau elpiji memiliki beberapa kelebihan, sehingga program konversi ini terus diperluas," kata Executive General Manager (EGM) Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, C D Sasongko, Sabtu (26/6).

Di antara kelebihannya, karena elpiji lebih murah daripada BBM per liter dan dapat menghemat biaya operasional hingga 30-50 persen.

Kedua, mesin lebih awet dan perawatannya kian mudah. Ketiga, aman bagi pemakai dalam penggunaannya.

Keempat, emisi lebih rendah sebab rantai karbon bahan bakar gas lebih pendek dibandingkan BBM. Kelima, paket konversi membantu ekonomi nelayan dan petani karena dibagikan kepada yang berhak.

Sasongko menjelaskan pada 2020, Pertamina menyelesaikan pelaksanaan program konversi BBM ke elpiji bagi 1.111 nelayan yang tersebar di empat kota/kabupaten, serta bagi 1.639 petani di lima kota/kabupaten. (antara/mcr13/jpnn)

Pertamina Jatimbalinus akan melanjutkan program konversi BBM ke elpiji bagi nelayan serta petani pada tahun ini.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News