alexa

Petani Hidroponik di Kediri Waspadai Ancaman Hama di Musim Kemarau

Jumat, 11 Juni 2021 – 02:06 WIB
 Petani Hidroponik di Kediri Waspadai Ancaman Hama di Musim Kemarau - JPNN.com Jatim
Petani hidroponik di Kota Kediri, Jawa Timur. ANTARA Jatim/ dokumen

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Para petani hidroponik di Kediri, Jawa Timur, mewaspadai ancaman hama penggorok daun dan kutu daun yang sering menyerang tanaman saat memasuki musim kemarau.

"Penggorok daun ini kalau dibiarkan bisa merembet ke daun-daun yang lain," kata Nunung Nofiah, salah satu petani hidroponik di Kediri, Jawa Timur, Kamis (10/6).

Nunung bersama dua rekannya terus belajar tentang hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman hidroponik dari berbagai sumber.

"Kami terus cari informasi bagaimana cara mengatasinya, seperti menyortir daun-daun yang terkena hama hingga melakukan penyemprotan dengan cairan pestisida khusus untuk sayuran," katanya.

petani hidroponik lainnya Winarsih mengatakan tanamannya pernah gagal karena serangan hama kutu daun.

Dia lalu mencoba menggunakan cara dengan melakukan sterilisasi lokasi budi daya tanaman hidroponik sebelum dilakukan penanaman kembali.

"Kami sterilkan total, dengan tujuan untuk menghilangkan kutu daun secara menyeluruh sehingga nanti ketika ditanam kembali tidak timbul masalah serupa," kata dia.

Penyuluh Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri Iwang Candrayana mengatakan bahwa di musim kemarau, potensi hama penggorok daun dan kutu daun pada tanaman hidroponik juga patut diwaspadai.