Gus Yaqut Ketemu Para Kiai Sepuh di Lirboyo Terkait Hari Raya Kurban

Sabtu, 26 Juni 2021 – 14:17 WIB
Gus Yaqut Ketemu Para Kiai Sepuh di Lirboyo Terkait Hari Raya Kurban - JPNN.com Jatim
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (tengah) dan beberapa pengasuh Pesantren Lirboyo Kota Kediri di Kediri, Jawa Timur, Jumat (25/6/2021). ANTARA/HO-Humas Pesantren Lirboyo Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) bertemu dengan sejumlah kiai sepuh di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

Pertemuan Gus Yaqut dengan sejumlah kiai Lirboyo membahas soal pelaksanaan Hari Raya Kurban 2021 selama pandemi Covid-19.

"Ini sosialisasikan penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban," kata Gus Yaqut di Kediri, Jawa Timur, Jumat (25/6).

Sebelumnya Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan surat edaran mengenai aturan penyelenggaraan salat Iduladha dan penyembelihan kurban tahun ini dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, sejumlah aturan yang juga tertuang dalam surat edaran Kemenag ialah larangan takbir keliling, dan larangan salat Iduladha berjamaah di wilayah kategori zona merah.

Selain sosialisasi aturan penyelengaraan Hari Raya Kurban, Gus Yaqut juga meminta doa dari para kiai sepuh Lirboyo agar pandemi Covid-19 segera berlalu.

"Saya sampaikan pesan Presiden ke kyai, mohon doa supaya pandemi ini berlalu. Ikhtiar zahir dan fisik sudah dilakukan, ikhtiar batin, minta tolong ke kiai juga untuk membantu," kata dia.

K.H. Oing Abdul Muid Sohib (Gus Muid) selaku perwakilan dari pengasuh PP Lirboyo Kota Kediri mengatakan pihaknya tentu menyambut baik dengan kunjungan tersebut.