Bertetangga dengan Bangkalan, Begini Kesiapan Sampang Cegah Lonjakan Kasus COVID-19

Kamis, 17 Juni 2021 – 10:34 WIB
Bertetangga dengan Bangkalan, Begini Kesiapan Sampang Cegah Lonjakan Kasus COVID-19 - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Sampang, Madura, Rabu (16/6/2021). (FOTO ANTARA/Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, SAMPANG - Sampang menjadi perhatian Pemprov Jawa Timur mengingat lokasi geografisnya tepat bersebelahan dengan Bangkalan yang kini mengalami lonjakan kasus baru COVID-19.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bahkan sampai mengunjungi langsung pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19, Rabu (16/6).

Vaksinasi skala besar itu bertempat di tiga titik, yakni di halaman Pendopo Trunojoyo Pemkab Sampang, alun-alun Wijaya Kusuma, dan Asrama Kodim 0828 Sampang.

Sasarannya, yakni warga lanjut usia (lansia), tenaga pendidik, serta masyarakat umum dari tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Sampang, Camplong, Omben, Pangarengan, Jrengik, Torjun, dan Kedungdung.

Khofifah mengatakan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah menindaklanjuti meningkatnya kasus COVID-19 di Kabupaten Bangkalan sejak libur Lebaran.

"Sampang juga menjadi perhatian, karena lokasinya bersebelahan dengan Bangkalan, sehingga kemungkinan ada interaksi antara masyarakat kedua daerah itu," kata dia.

Guna memutus penyebaran itu, Khofifah menekankan perlunya pencegahan secara dini melalui vaksinasi COVID-19.

Khofifah pun mengingatkan kembali pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan selalu mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun.

Sumber Antara