Mau Lihat Pelikan Australia? Coba Datang ke Sini

Jumat, 04 Juni 2021 – 17:26 WIB
Mau Lihat Pelikan Australia? Coba Datang ke Sini - JPNN.com Jatim
Mangrove Ujungpangkah, Gresik ditetapkan sebagai kawasan KEE oleh KLHK. Foto: Antara/Ist

jatim.jpnn.com, GRESIK - Gresik memiliki ikon kebanggan baru menyusul ditetapkannya Kawasan Mangrove Ujungpangkah sebagai Kawasan Ekosistem Esensial (KEE).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menilai potensi alam kawasan seluas 1.554,27 hektare tersebut sangat besar.

Pada musim tertentu, ada sekitar 72 jenis burung laut memenuhi lokasi itu dan sebanyak 50 jenis di antaranya adalah burung yang melakukan migrasi dari Benua Australia.

"Setiap Juni dan Juli, daerah itu menjadi area migrasi serta habitat burung pelikan asal Australia," tutur Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial (BPEE) KLHK, Asep Sugiharta, Jumat (4/6).

Menurut Asep, dengan ditetapkannya Ujungpangkah menjadi KEE, kawasan itu akan dikenalkan ke tingkat nasional bahkan internasional.

"Mangrove Ujungpangkah adalah KEE pertama yang ada di luar hutan konservasi," kata dia.

Asep menyampaikan pula KEE Mangrove Ujungpangkah dirancang untuk kepentingan internasional di bawah Konvensi Lahan Basah (Ramsar).

Konvensi Ramsar adalah perjanjian lingkungan antarpemerintah oleh UNESCO pada 1971, dan mulai berlaku 1975.

Mangrove Ujungpahkah, Gresik ditetapkan sebagai kawasan ekosistem esensial (KEE) oleh pemerintah.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News