Sebuah Tiang Listrik Peninggalan Belanda di Pasuruan Hilang

Rabu, 26 Mei 2021 – 14:45 WIB
Sebuah Tiang Listrik Peninggalan Belanda di Pasuruan Hilang - JPNN.com Jatim
Tiang listrik peninggalan zaman Belanda di Kelurahan Pekuncen, Kelurahan Panggungrejo, Kota Pasuruan, yang disebut ODCB kini raib. Foto: Istimewa - diambil dari Radar Bromo

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Sebuah tiang listrik peninggalan zaman Belanda di Kecamatan Panggungrejo, Pasuruan, Jawa Timur, hilang.

Ketua Paguyuban Satrio Suropati Rachmad Tjahjono mengaku prihatin dengan hilangnya tiang listrik yang menjadi salah satu ikon budaya di Pasuruan tersebut.

"Sangat disayangkan, karena seharusnya dijaga. Itu benda peninggalan sejarah. Seharusnya menjadi perhatian dan dilestarikan dengan baik,” kata Satrio, Rabu (26/5).

Tiang listrik peninggalan zaman Belanda tersebut diduga hilang dua hari setelah perayaan Lebaran.

Isu yang beredar ada lima orang yang mengambilnya. Belum diketahui asal dari pihak yang mengambil tiang listrik bersejarah tersebut.

“Kami tidak tahu mereka dari mana. Seharusnya tiang listrik peninggalan Belanda itu dilindungi, meski belum ditetapkan sebagai cagar budaya,” ujarnya.

Berdasarkan sejarahnya, tiang listrik itu merupakan peninggalan perusahaan listrik Belanda bernama Algemeen Nedelandsch Indie Electriciteit (ANIEM).

Perusahaan itu dulunya menangani penyaluran listrik kota-kota di Hindia Belanda.

Sebuah tiang listrik peninggalan zaman Belanda di Kecamatan Panggungrejo, Pasuruan, hilang.