Elektabilitas Meningkat, Gerindra Berpotensi Geser PDIP di Jatim

Jumat, 18 Februari 2022 – 09:50 WIB
Elektabilitas Meningkat, Gerindra Berpotensi Geser PDIP di Jatim - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI (kiri) menyampaikan hasil survei terbaru elektabilitas partai politik di Jatim. Gerindra disebut punya peluang besar menggeser PDIP. Foto: Dok. ARCI

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Elektabilitas Partai Gerindra mulai mendekati PDI Perjuangan. Pernyataan itu disampaikan Direktur lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt.

Baihaki mengatakan berdasarkan hasil survei yang pihaknya lakukan nomor satu ada PKB, disusul PDIP, dan selanjutnya Gerindra.

"Gerindra mengalami kenaikan yang signifikan karena mulai mendekati PDIP," kata Baihaki tertulis, Kamis (17/2).

Elektabilitas PKB disebut masih tertinggi di Jatim dan mengalami sedikit peningkatan, sedangkan PDIP berbanding terbalik yang justru menurun.

"PDIP ini mulai menurun di Jatim, sementara PKB sedikit meningkat. Faktornya bisa dikatakan itu dampak dari safari politik Ketum PKB di Jatim," jelasnya.

Elektabilitas Partai Gerindra pada Oktober 2021 versi ARCI sekitar 13 persen dan dibandingkan dengan sekarang, naik menjadi 15,2 persen.

"Milenial di Jatim mulai memilih Gerindra. Ini salah satu faktor yang membuat elektabilitas partainya naik dan mendekati PDIP. Faktor kedua, yaitu representasi NU membuat partai yang ideologinya nasionalis dilirik," bebernya.

Menurut dia, tren Gerindra di Jatim berpotensi menggeser PDIP. Peluangnya dinilai sangat tinggi.

Dari hasil survei ARCI menyebut kalau Partai Gerindra berpotensi menggeser PDIP di Jatim, ini alasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News