Diguyur Hujan Deras, Desa Ranupani TNBTS Dilanda Banjir Besar

Kamis, 27 Januari 2022 – 13:22 WIB
Diguyur Hujan Deras, Desa Ranupani TNBTS Dilanda Banjir Besar - JPNN.com Jatim
Kondisi Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang setelah dilanda banjir. Foto: BPBD Lumajang for jpnn.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Hujan pada Selasa (25/1) membuat banjir besar melanda Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Banjir membawa lumpur dan material dari atas bukit.

Desa yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) itu rupanya merupakan langganan banjir di setiap musim hujan.

Kalaksana BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengungkapkan banjir itu membawa material tanah yang cukup tebal.

"Iya benar terjadi banjir dan itu sudah biasa terjadi. Hampir setiap tahun ketika hujan deras," ucapnya kepada jpnn.com, Rabu (26/1).

Patria Dwi mengakui banjir kemarin lusa itu memang cukup besar. Akses seperti jalan tertutup lumpur dan pasir setebal 10 sentimeter. Namun, aparat beserta warga sudah melakukan pembersihan.

"Kemarin terhitung ada enam rumah yang terdampak. Lumpur masuk ke dalam rumah dan malamnya langsung dibersihkan," katanya.

Yuliadi warga Desa Ranupani memaparkan hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan air yang bercampur lumpur meluap dari saluran air (blumbang) dan memenuhi beberapa rumah warga dan jalan desa. 

Menurutnya, hujan dengan intensitas tinggi biasanya terjadi pada Januari. Dia pun mengakui banjir kemarin menjadi salah satu yang terbesar.

Desa Ranupani, Senduro, Lumajang dilanda banjir besar. Material lumpur masuk ke rumah warga dan tutupi jalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News