Malam Tahun Baru, 2 Kecamatan di Pamekasan Dilanda Banjir, Begini Kondisinya

Sabtu, 01 Januari 2022 – 14:59 WIB
Malam Tahun Baru, 2 Kecamatan di Pamekasan Dilanda Banjir, Begini Kondisinya - JPNN.com Jatim
Petugas BPBD Pemkab Pamekasan saat memantau genangan banjir akibat luapan sungai di Kelurahan Gladak Anyar Pamekasan, Jumat (31/12/2021). (ANTARA/Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Banjir melanda dua kecamatan di Pamekasan, Madura pada malam tahun baru, Jumat (31/12). Sebelumnya selama tiga jam, hujan deras disertai angin kencang melanda Kecamatan Kota Pamekasan dan Galis. 

Di Kecamatan Kota Pamekasan, banjir menggenangi perkampungan warga di Kelurahan Gladak, Anyar. Begitu pula, di Kecamatan Galis, tepatnya Desa Konang.

"Banjir yang terjadi malam ini akibat luapan sungai yang tidak mampu menampung debit air akibat kiriman dari hulu sungai," kata petugas penanggulangan bencana BPBD Pamekasan, Zaini Zen.

Pada malam tahun baru itu sekitar pukul 21.00 WIB, ketinggian genangan banjir mencapai 20-30 cm, bahkan di sebagian titik tertentu ada yang mencapai 50 sentimeter.

Petugas gabungan dari BPBD Pamekasan, TNI dari Kodim 0826, polisi, dan para sukarelawan penanggulangan bencana terus melakukan pemantauan kondisi di lapangan.

Adapun, banjir yang terjadi di Desa Konang, Kecamatan Galis, Pamekasan juga akibat luapan sungai.

"Tingginya selutut dan sudah masuk ke halaman rumah warga," kata warga setempat, Jakfar Sodik.

Selain menyebabkan banjir, hujan deras yang disertai angin kencang di Pamekasan tersebut juga menyebabkan sejumlah rumah warga rusak.

Bertepatan dengan malam tahun baru, Jumat (31/12), banjir melanda dua kecamatan di Pamekasan, Madura.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News