Tuah UPT Perempuan dan Anak Korban, Situbondo Raih Penghargaan

Senin, 27 Desember 2021 – 09:35 WIB
Tuah UPT Perempuan dan Anak Korban, Situbondo Raih Penghargaan - JPNN.com Jatim
Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi di acara Peringatan Hari Ibu Ke-93 di Probolinggo. Minggu (26/12/2021) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Situbondo)

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Pemkab Situbondo mendapatkan penghargaan sebagai Daerah Responsif Terhadap Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi di acara Peringatan Hari Ibu ke-93, Minggu (27/12).

Menurut Bupati Karna, penghargaan itu berkat kehadiran Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) di daerahnya.

Dia menjelaskan pembentukan UPT tersebut di Situbondo sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

Maka dari itu, dia meminta jajaran  UPT PPA untuk terus berinovasi dengan melibatkan berbagai organisasi perempuan.

"UPT PPA juga memberikan pendampingan kepada para korban, selain melakukan pencegahan," kata Bung Karna, sapaan bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat mengungkapkan sejak dibentuk UPT PPA, jumlah kekerasan terhadap perempuan dan anak di daerahnya menurun.

Pada 2020, jumlah kekerasan terhadap perempuan dan anak sebanyak 61 kasus. Tahun ini turun menjadi 47 kasus.

Pemkab Situbondo memperoleh penghragaan dari Gubernur Jawa Timur karena dinilai responsif terhadap layanan perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News