Alami Stres, 5 Ibu Pengungsi Bencana Erupsi Semeru Melahirkan dengan Operasi Sesar

Selasa, 21 Desember 2021 – 11:39 WIB
Alami Stres, 5 Ibu Pengungsi Bencana Erupsi Semeru Melahirkan dengan Operasi Sesar  - JPNN.com Jatim
Wakil Bupati Lumajang ketika menggendong bayi yang dilahirkan di pengungsian bencana erupsi Gunung Semeru. Foto: Humas Pemkab Lumajang

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Erupsi Gunung Semeru mempengaruhi lini kehidupan warga terdampak di Lumajang, termasuk para ibu yang hendak melakukan persalinan.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengutarakan hampir semua ibu yang melahirkan di lokasi terdampak.

Sejauh ini, terdapat lima ibu melahirkan yang terpaksa menjalani operasi sesar karena belum mencapai hari perkiraan lahir bayi.

"Hampir semua operasi, mungkin karena stres, ketakutan, atau bahkan trauma akibat erupsi Gunung Semeru," katanya di Rumah Tunggu Ibu Melahirkan, Desa Pasirian.

Wabup menerangkan masih ada 14 ibu hamil yang diperkirakan akan melahirkan dalam waktu dekat.

Untuk itu, pihaknya sudah meminta jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang untuk menyiapkan tempat yang nyaman bagi para ibu dan bayi pasca proses persalinan.

Selain itu, wabup juga meminta tenaga kesehatan membantu menghilangkan trauma pada ibu hamil dan memantau kondisi mereka pascapersalinan.

"Tetap pada pantauan medis, para bidan menjaga supaya sang ibu traumanya hilang, biar ASI-nya lancar," ucapnya. (mcr26/jpnn)

Sejumlah perempuan yang sedang hamil terpaksa melahirkan di pengungsian Gunung Semeru

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News