Singgah di Lumajang, Jangan Lupa Datang ke 9 Desa Wisata Ini

Selasa, 20 Juli 2021 – 04:00 WIB
Singgah di Lumajang, Jangan Lupa Datang ke 9 Desa Wisata Ini - JPNN.com Jatim
Ilustrasi-Pengunjung menikmati suasana pagi di kawasan wisata danau Ranu Regulo, Desa Ranu Pani, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (21/4). (Foto: Antara Jatim/Ari Bowo Sucipto/zk/18)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Lumajang terkenal dengan keindahan alamnya yang memanjakan mata. Sebagai daerah di Jawa Timur dengan bentang alam luas, tidak heran bila banyak muncul desa wisata.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Yoga Pratomo menyebut, jumlah desa wisata di wilayahnya terbilang cukup banyak.

Total ada 9 desa wisata di Lumajang, yakni Desa Adat Argosari B29, Desa Wisata Gucialit, Kampung Lereng Semeru Pasrujambe, Ranu Bedali, Ranupani, Sari Kemuning, Senduro, Sidomulyo dan Sumbermujur.

Yoga menyebut seluruh desa wisata menyajikan keindahan Lumajang, baik dari sisi keindahan alam maupun budaya masyarakatnya.

Melihat potensi tersebut, Yoga mengaku terus mendorong desa-desa tersebut untuk berkembang, salah satunya dengan ikut dalam bimbingan teknologi (bimtek).

"Dengan masuknya desa wisata dalam keikutsertaan dalam Bimtek adalah dapat mengevaluasi kekurangan yang ada sesuai dengan standar kementerian," ujarnya mengutip dari laman resmi Pemkab Lumajang, Senin (19/7).

Yoga berharap lulusan Bimtek bisa menerapkan manajemen desa wisata dengan baik.

Adapun desa wisata diharapkan mampu membangun desa untuk memberikan kesejahteraan kepada warganya.

Lumajang terkenal dengan keindahan alam yang memanjakan mata. Sebagai daerah di Jawa Timur dengan bentang alam luas, tak heran bila banyak muncul desa wisata.