Hai Ladies, Kelebihan Berat Badan Memengaruhi Haid dan Kesuburan Loh!

Minggu, 06 Juni 2021 – 17:00 WIB
Hai Ladies, Kelebihan Berat Badan Memengaruhi Haid dan Kesuburan Loh! - JPNN.com Jatim
Kelebihan berat badan pada wanita nyatanya mengakibatkan gangguan haid dan kesuburan. Ilustrasi obesitas (Pixabay)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kelebihan berat badan ternyata dapat menyebabkan gangguan haid dan kesuburan bagi wanita atau biasa disebut polycystic ovarian syndrome (PCOS).

"PCOS adalah gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur," kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, Prof. Budi, Sabtu (5/6).

Budi mengatakan wanita yang mengalami gangguan PCOS memiliki kadar hormon maskulin (androgen) dominan.

Akibatnya ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan. Sehingga sel telur tidak berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur. Itulah mengapa mereka kesulitan mengalami haid.

"80 persen gangguan haid karena masalah ovulasi disebabkan oleh PCOS itu. Jika tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan ketidaksuburan dan kemandulan pada wanita," ujarnya.

Kelebihan androgen pada penderita PCOS juga menyebabkan wanita mengalami kelebihan bulu di kumis, dagu, tangan dan kaki; kebotakan; jerawat; diabetes; dan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Prof. Budi, cikal bakal dari PCOS ada pada kondisi usus penderita.

Ditemukan dalam usus wanita dengan PCOS terdapat gangguan resistensi yang kemudian mempengaruhi keseimbangan hormon reproduksi.

Pakar dari Unair Surabaya, Prof. Budi menerangkan hubungan antara kelebihan berat badan dengan gangguan haid dan kesuburuan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News