Sakit Pinggang Gegara Duduk Terlalu Lama? Hati-Hati Saraf Terjepit

Selasa, 07 Desember 2021 – 09:40 WIB
Sakit Pinggang Gegara Duduk Terlalu Lama? Hati-Hati Saraf Terjepit - JPNN.com Jatim
Dokter spesialis bedah saraf dr. Muhammad Faris (kiri) saat menjelaskan soal saraf kejepit. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau biasa dikenal dengan saraf terjepit yang diderita seseorang bisa memengaruhi aktivitas sehari-sehari.

Dokter spesialis bedah saraf, dr. Muhammad Faris mengatakan HNP adalah kondisi ketika bantalan di tulang belakang menonjol keluar dan akhirnya menekan saraf.

Salah satu penyebab terkena saraf terjepit ialah duduk dalam jangka waktu yang lama.

“Jadi, kalau banyak duduk itu bantalan jadi statis tekannya. Apalagi, kalau duduk lama dan jarang latihan otot yang menyebabkan tulang belakang itu lemah, sehingga gampang terserang HNP,” ujarnya, Senin (6/12).

Dokter Faris menyarankan duduk paling lama dua jam. Setelah itu, bisa dibuat jalan dan stretching.

“Kemudian bisa berkonsultasi kepada dokter fisioterapi untuk penguatan otot punggung. Biasanya mereka akan mengajarkan,” ujarnya.

Selain duduk lama, mengangkat beban berat dengan teknik membungkuk juga jadi salah satu penyebab terkena saraf terjepit.

“Hindari mengangkat beban dengan membungkuk, lakukan dengan jongkok,” katanya.

Ketahui penyebab syaraf terjepit dan cara mencegahnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News