Siap-Siap Sangu Lebaran, Masyarakat Diimbau Tukar Uang ke Tempat Penukaran Resmi, Supaya..

Sabtu, 17 April 2021 – 10:51 WIB
Siap-Siap Sangu Lebaran, Masyarakat Diimbau Tukar Uang ke Tempat Penukaran Resmi, Supaya.. - JPNN.com Jatim
Ilustrasi penukaran uang menjelang Lebaran 2021. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang (BI Malang) mengimbau masyarakat yang mempersiapkan sangu Lebaran lebih baik menukarkan uangnya ke tempat penukaran resmi.

"Bisa menukarkannya di loket perbankan maupun BPR untuk menghindari risiko uang palsu atau biaya penukaran," ujar Azka seperti dilansir dari Antara, Sabtu (17/4).

Azka menerangkan pihaknya menyiapkan 84 titik di loket perbankan dan 38 titik di loket BPR yang tersebar di wilayah kerja BI Malang.

Penukaran uang baru ini akan dilakukan serentak pada 3-11 Mei 2021

Azka yakin ketersedian uang kartal baru memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Idulfitri 2021. BI Malang sudah menambah pasokan uang baru dari pecahan besar maupun kecil senilai Rp 4,511 triliun.

Besaran itu naik dari 46,84 persen dari periode tahun lalu yang hanya berkisar Rp 3,0722 triliun.

Azka menjelaskan ada empat faktor yang menyebabkan peningkatan kebutuhan uang kartal baru pada Lebaran tahun ini.

Dimulai dari tren pertumbuhan uang kartal dan preferensi perbankan ke pecahan Rp100.000, mobilitas masyarakat pada tahun ini lebih longgar dibanding kala PSBB Ramadhan dan Idul Fitri lalu.

Bank Indonesia Malang mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat resmi. Pada Ramadan dan Idulfitri, masyarakat menyiapkan sangu Lebaran
Sumber Antara