Pernah Menjadi TKI, Pria Asal Lamongan Rakit 3 Pesawat Terbang, Lihat

Sabtu, 18 Desember 2021 – 12:15 WIB
Pernah Menjadi TKI, Pria Asal Lamongan Rakit 3 Pesawat Terbang, Lihat - JPNN.com Jatim
Pesawat buatan Heri Suyanto yang dirakit di halaman rumahnya di Lamongan. Foto: Dok. Pribadi Heri.

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Pria asal Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan membuat takjub warga sekitar karena keahliannya.

Kemahirannya tersebut bukanlah hal biasa karena dia bisa merakit pesawat terbang sendiri. Pria tersebut ialah Heri Suyanto.

Meski hanya tamatan Sekolah Teknik Menengah (STM) di Kecamatan Babat, Heri telah berhasil menciptakan tiga pesawat dengan tangan terampilnya itu.

“Sudah tiga pesawat yang saya produksi. Dua sudah laku dibeli Pemerintah Republik Ceko dan satunya lagi oleh TNI AU,” kata Heri, Sabtu (18/12).

Keterampilan dalam merakit pesawat terbang itu dia dapatkan saat masih bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI). Dia pernah bergabung di salah satu perusahaan pembuatan pesawat terbang di Republik Ceko.

Setelah berhenti menjadi TKI, Heri memutuskan kembali ke Tanah Air dan menetap di Ciamis, Jawa Barat. Pengalaman yang dia miliki akhirnya diaplikasikan.

“Berbekal pengalaman itu, saya mencoba merakitnya di Indonesia dan ternyata laku,” ujar dia.

Walhasil, Heru berhasil membuat dua unit pesawat selama tinggal di Ciamis. Dia tak menyangka produknya itu diminati oleh Pemerintah Republik Ceko.

Heri membuat pesawat terbang dengan tangan terampil dan pengalamannya selama menjadi TKI di Ceko.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News