Khofifah-Emil Unggul Jauh dari Risma-KH Marzuki di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 25 Juli 2024 – 08:33 WIB
Khofifah-Emil Unggul Jauh dari Risma-KH Marzuki di Pilgub Jatim 2024 - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirajt membeberkan hasil survei elektabilitas para calon dan calon wakil Gubernur Jatim. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Elektabilitas pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak masih berada di puncak. Di bawahnya ada sosok Tri Rismaharini-KH Marzuki Mustamar.

Hasil dari lembaga survei Accurate Research and Consulting (ARCI) tersebut menyatakan dalam simulasi dua nama pasangan elektabilitas Khofifah-Emil 57,9 persen, sedangkan Risma-KH Marzuki 27,2 persen.

"Hasilnya, Khofifah-Emil unggul jauh atas Risma-Marzuki. Namun, ada 14,9 persen belum memilih," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat memaparkan hasil survei untuk Pilgub Jatim di Surabaya, Rabu (24/7).

Kemudian pada simulasi yang menampilkan kondisi PDI Perjuangan dan PKB membentuk poros baru. Elektabilitas Khofifah-Emil mencapai 54,3 persen.

Risma saat dipasangkan dengan sesama kader banteng Nur Arifin hanya sanggup meraih 18,4 persen. Adapun pasangan KH Marzuki-Anggia Ermarini 13,5 persen.

"Dalam simulasi tersebut, masih ada 13,8 persen responden yang belum menjawab," kata dia.

Baihaki menyatakan elektabilitas Khofifah-Emil yang mampu menembus 50 persen lebih sudah masuk kategori relatif aman karena minimnya angka pemilih belum menentukan pilihan.

"Masa pendaftaran kurang sebulan, masa kampanye tidak sampai tiga bulan, sangat berat mengejar elektabilitas Khofifah-Emil, jika tidak ada gebrakan berarti dari partai penantang untuk segera memunculkan calon," tuturnya.

Pasangan Khofifah-Emil jauh unggul mengalahkan Risma-KH Marzuki dalam survei ARCI di Pilgub Jatim 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News