Viral di Medsos, Kades-Kades di Ngawi Deklarasikan Dukungan kepada Prabowo-Gibran

Selasa, 13 Februari 2024 – 21:50 WIB
Viral di Medsos, Kades-Kades di Ngawi Deklarasikan Dukungan kepada Prabowo-Gibran - JPNN.com Jatim
Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Karanganyar Ngawi deklarasikan dukung Prabowo Gibran. Foto: tangkapan layar

jatim.jpnn.com, NGAWI - Beberapa video beredar dan menampilkan sejumlah kades beserta perangkat desa di Ngawi mendukung salah satu paslon capres dan cawapres Prabowo-Gibran.

Dalam video itu, terdengar pernyataan yang diketahui berasal dari Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) mulai dari PPDI Kecamatan Karanganyar, PPDI Kecamatan Kwadungan, hingga PPDI Kecamatan Padas.

Meski tidak ditampilkan kapan maupun tempat pengambilan acara tersebut, video yang sama-sama berdurasi 11 detik itu memperlihatkan kepala desa dan perangkat desa kompak mendukung Prabowo-Gibran sambil berpose mengacungkan dua jari.

Ketua Bawaslu Ngawi Yohanes Pradana Vidya Kusdanarko membenarkan adanya laporan dari masyarakat setempat. Pihaknya juga mengkaji isi dari video.

“Kami telah menerima laporan dari masyarakat, mengenai video tentang salah satu kepala desa dan perangkatnya, yang diduga berpihak kepada salah satu calon Presiden dan Wakil Presiden,” ujar Yohanes, Selasa (13/2).

Saat ini, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan, salah satunya kepada Kades Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi Sri Mulyono yang dilaporkan oleh masyarakat.

Yohanes mengatakan dirinya telah melontarkan sebanyak 30 pertanyaan kepada terlapor Kepala Desa Sambiroto.

Yohanes menjelaskan dalam pemeriksaan itu, pihaknya didampingi dari pihak kepolisian dan kejaksaan.

Menurut pengakuan seorang kades yang terlibat, ada unsur pengancaman yang membuat dirinya mendeklarasikan dukungan itu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News