Jelang Pilpres 2024, Elektabilitas Gerindra Tertinggi Salip PDIP dan PKB

Kamis, 01 Februari 2024 – 22:45 WIB
Jelang Pilpres 2024, Elektabilitas Gerindra Tertinggi Salip PDIP dan PKB - JPNN.com Jatim
Direktur Eksekutif Survei Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan terkait hasil survei elektabilitas partai di Jatim menjelang Pilpres 2024. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Partai Gerindra menyalip PDI Perjuangan dan PKB dalam survei terkait Preferensi Warga NU dan Dinamika Elektoral di Jatim via Indikator Politik Indonesia.

Direktur Eksekutif Survei Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan dengan simulasi 18 nama dan lambang partai, Jatim didominasi PDI Perjuangan dan PKB.

“Namun, seiring mendekatnya Pilpres 2024, ada indikasi dominasi PDIP dan PKB di-challenge Gerindra," kata Burhanuddin saat paparan via zoom, Kamis (1/2).

Dia menyebutkan elektabilitas Gerindra paling tinggi di Jatim setelah adanya peningkatan signifikan dibandingkan pada Desember 2023.

Dalam hasil surveinya, elektabilitas Gerindra di angka 22,2 persen. PDIP di posisi kedua di angka 18,3 persen, sedangkan PKB di posisi ketiga di angka 18 persen.

"Survei terbaru kami menggambarkan PDIP turun, PKB relatif stabil. Ketika PDIP turun, ternyata yang naik Gerindra, sedangkan PKB cenderung stabil," ujarnya.

Burhanuddin menyebut kenaikan elektabilitas Gerindra dipengaruhi kinerja kader di Bumi Majapahit serta coattail effect dari dinamika pilpres di mana angka Prabowo Subianto meroket di Jatim.

"Dinamika pilpres ada efek elektoral ke partai yang mengusung. Gerindra mengancam elektoral PDIP dan PKB," bebernya.

Elektabilitas Gerindra berada di peringkat teratas menyalip PDIP dan PKB via Indikator Politik Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News