Ganjar Unggul Survei, Pakar Ingatkan Peran Aktif Publik Hindari Politik Kekuasaan

Minggu, 17 Desember 2023 – 17:15 WIB
Ganjar Unggul Survei, Pakar Ingatkan Peran Aktif Publik Hindari Politik Kekuasaan - JPNN.com Jatim
Pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Dok. PDIP

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Lembaga survei asal Australia Roy Morgan menyebutkan bahwa Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (capres) favorit dalam Pilpres 2024 di Indonesia.

CEO Roy Morgan Michele Levine mengatakan Ganjar Pranowo terpilih sebagai ‘The Next President of Indonesia’ berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 12 Desember 2023. 

Pasangan Ganjar-Mahfud menduduki posisi tertinggi dengan meraih dukungan sebanyak 38 persen, mengungguli Prabowo-Gibran yang memperoleh 30 persen, disusul Anies-Muhaimin 25 persen.

“Kami menyatakan Ganjar mendapat 38 persen suara, berada teratas dibanding Prabowo dan Anies,” ujar Michele.

Survei Roy Morgan yang bisa diakses di laman www.roymorgan.com juga memberikan gambaran tentang keunggulan Ganjar Pranowo dibandingkan dengan pesaingnya.

Menurutnya, Ganjar punya keunggulan signifikan atas Prabowo dan Anies. Meskipun jarak antara ketiga kandidat tidak begitu dekat, survei itu menunjukkan kemungkinan putaran kedua pilpres akan dilaksanakan pada Juni 2024.

"Jarak di antara kandidat tidak berdekatan, tetapi belum mendapatkan dukungan mayoritas. Artinya, kemungkinan putaran kedua akan dilaksanakan pada Juni 2024," katanya.

Pengamat Politik Unair Airlangga Pribadi merespons hasil survei itu dengan mengajak masyarakat berperan aktif mengawal Pemilu 2024, terutama proses penyelenggaraan dan pelaksanaannya.

Airlangga mengingatkan peran aktif masyarakat mengawal Pemilu 2024 untuk menghindari politik kekuasaan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News