Debat Capres: Pengamat Sebut Anies & Ganjar Lebih Dinamis, Prabowo Kaku

Rabu, 13 Desember 2023 – 14:51 WIB
Debat Capres: Pengamat Sebut Anies & Ganjar Lebih Dinamis, Prabowo Kaku - JPNN.com Jatim
Tiga capres (dari kiri) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. saat debat pertama capres 2024. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, JEMBER - Pengamat Universitas Jember Dr Ikwan Setiawan menyebut capres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo berargumen lebih dinamis dibandingkan Prabowo Subianto yang tampak kaku dalam debat capres.

"Karena mengusung narasi perubahan, Anies lebih leluasa dalam menyampaikan keinginan ideal untuk perubahan dalam bidang pemerintahan, HAM, demokrasi, dan hukum," katanya, Rabu (13/12).

Anies juga dinilai lebih tenang karena punya latar belakang akademis dan pengalaman ketika menangani masalah-masalah pelik di Jakarta, seperti izin pendirian tempat ibadah yang lama tidak ditangani dengan baik.

Namun, lanjut Ikwan, kepiawaian retorik itu terkadang membuat Anies melebarkan paparan. Jadi, tampak kurang fokus dalam menanggapi isu krusial seperti IKN yang ditanyakan Ganjar.

Menurut Ikhwan, memang benar IKN bermasalah, tetapi mestinya Anies lebih tegas, lanjut atau tidak. Itu yang diharapkan audiens. Hal sama juga ketika Anies menanggapi serangan Prabowo terkait dengan polusi Jakarta, narasinya bagus tetapi malah kurang fokus.

Adapun Prabowo dalam debat itu terlihat kaku dan kurang dinamis. Gagasannya terlalu umum, khas orang-orang lama. Selain itu, gagasannya kurang didukung pengalaman sehingga hanya tampak patriotik, tetapi kurang operasional.

Untuk yang operasional, lebih menyepakati gagasan Ganjar dan sebagian Anies. Sangat kentara, beban untuk melanjutkan rezim Jokowi menjadikannya kurang bisa menyampaikan gagasan secara leluasa.

"Sebagai calon pemimpin, Prabowo tampak berada dalam kotak karena terlalu menjaga citra baik Jokowi. Ketika menanggapi isu tentang etika pemerintahan dan terkait pelanggaran HAM berat, capres nomor urut dua menjadi tampak emosional," ujarnya.

Pengamat Unej Dr Ikhwan Setiawan memberikan penilaian mendalam terhadap para capres yang mengikut debat semalam sebagai berikut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News