Viral Siswa Kampanye Dukung Prabowo-Gibran di Pamekasan, Bawaslu Turun Tangan

Senin, 11 Desember 2023 – 10:05 WIB
Viral Siswa Kampanye Dukung Prabowo-Gibran di Pamekasan, Bawaslu Turun Tangan - JPNN.com Jatim
Tangkapan layar video tentang siswa salah sekolah yang mengkampanyekan dukungan pada salah satu pangan calon presiden dan wakil presiden dengan memakai kaos bergambar pasangan calon. ANTARA/HO-Bawaslu Pamekasan

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Tim pemenangan salah satu capres-cawapres pada Pilpres 2024 diduga melanggar aturan melakukan kampanye melibatkan siswa di lembaga pendidikan Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan.

Hal tersebut sedang diselidiki oleh Bawaslu Kabupaten Pamekasan setelah kegiatan tersebut beredar luas hingga viral di sejumlah media sosial.

"Itu tidak boleh, apalagi melibatkan siswa dan digelar di lembaga pendidikan," kata Ketua Bawaslu Pamekasan Sukma Umbara Tirta Firdaus, Sabtu (9/12).

Pihaknya telah menginstruksikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Proppo mengusut kasus tersebut dengan memanggil tim pemenangan calon dan meminta keterangan pihak sekolah.

Video berdurasi 29 detik menampilkan puluhan anak-anak di Lembaga Pendidikan Bustanul Ulum, Desa Jambringin, Kecamatan Proppo itu dilakukan di emperan rumah pengasuh lembaga pendidikan.

Kemudian beredar sehari setelah pembentukan tim pemenangan Prabowo-Gibran digelar di lembaga itu pada 6 Desember 2023.

Juru Bicara LP Bustanul Ulum Abdul Musowwir memberikan klarifikasi bahwa dukungan terhadap Prabowo-Gibran yang dilakukan siswa di lembaganya untuk kalangan internal, tetapi beredar di media sosial.

"Saya tidak tahu siapa yang menyebarkan, yang jelas rekaman itu pertama hanya dikirim ke grup alumni, tetapi sehari setelahnya menyebar ke sejumlah platform media sosial," ucapnya berkilah.

Bawaslu akan mengusut tuntas dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan di lembaga pendidikan oleh siswa untuk mendukung Prabowo-Gibran.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News