Elektabilitas PDIP Unggul di Jatim, Tetapi Rawan Disalip Tiga Partai Ini

Kamis, 02 November 2023 – 13:03 WIB
Elektabilitas PDIP Unggul di Jatim, Tetapi Rawan Disalip Tiga Partai Ini - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirajt menunjukkan hasil survei elektabilitas partai politik di Jatim. Foto: Dok. ARCI.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru elektabilitas partai politik (parpol). Hasilnya, PDI Perjuangan unggul, tetapi dalam batas margin of error.

"Hasilnya PDIP teratas di Jatim, tetapi elektabilitas PDIP selisihnya di bawah margin of error," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Kamis (2/11).

Dalam survei tersebut, elektabilitas PDIP meraih angka 17,8 persen, disusul PKB 15,2 persen. Di posisi ketiga ada Gerindra 15,1 persen dan Golkar di empat besar 14,1 persen.

Menurutnya, PDIP di Jatim memiliki keunggulan cukup tipis dan berada dalam margin of error. Adapun tiga partai yang ada di bawah PDIP berpotensi menyalip sewaktu-waktu.

"PDIP cenderung menurun pascahubungan panas dengan Jokowi. Harus dimengerti, Jatim itu basis Jokowi selama dua kali pilpres dan sekarang sinyalnya ke paslon yang bukan diusung PDIP," katanya.

"Jadi, PKB dan Gerindra punya peluang menyalip PDIP. Golkar punya potensi juga minimal menyalip PKB atau Gerindra masuk tiga besar," bebernya.

Golkar, kata dia, diam-diam bisa membahayakan. Sebab, partai berlambang pohon beringin itu punya nilai plus karena menjadi pertama yang mendeklarasikan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

"Golkar punya peluang mendapat coattail effect dari Gibran, di mana loyalis Jokowi di Jatim bisa berbelok dari awalnya PDIP kemudian ke Golkar karena ada faktor Gibran. Kalau Gerindra jelas mendapat limpahan elektoral dari Prabowo Subianto," jelasnya.

ARCI merilis survei elektabilitas parpol di Jatim, seperti ini hasilnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia