Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Kalahkan Ganjar-Mahfud & AMIN di Jatim

Kamis, 02 November 2023 – 09:04 WIB
Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Kalahkan Ganjar-Mahfud & AMIN di Jatim - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirajt menunjukkan hasil surve elektabilitasi tiga pasangan capres-cawpres di Jatim. Foto: Dok. ARCI.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARC) merilis hasil survei terbaru di Jatim terkait elektabilitas bacapres-bacawapres yang sudah mendaftar di KPU.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan hasil survei menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka teratas.

Berdasarkan survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 40,1 persen. Disusul Ganjar-Mahfud 35,9 persen, dan Anies-Muhaimin 22,2 persen.

"Sebanyak 1,8 persen responden belum menentukan pilihan," ujar Baihaki Rabu (1/11).

Baihaki mengatakan bergabungnya Gibran membuat Prabowo mendapatkan limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim, apalagi provinsi ini adalah basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

"Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo," katanya.

Baihaki menyebut faktor Prabowo-Gibran unggul di Jatim, salah satunya migrasi pendukung PDIP yang awalnya memilih Ganjar Pranowo kini beralih ke Prabowo.

"Pemilih PDIP, terutama di basis mataraman yang awalnya memilih capresnya Ganjar, kini beralih ke Prabowo karena faktor Gibran," kata Baihaki.

Berikut faktor yang membuat Prabowo-Gibran ungguli Ganjar-Mahfud hingga AMIN di Jatim versi ARCI.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News