Survei Elektabilitas Parpol di Jatim, Gerindra Geser PKB, Tempel Ketat PDIP

Kamis, 21 September 2023 – 20:55 WIB
Survei Elektabilitas Parpol di Jatim, Gerindra Geser PKB, Tempel Ketat PDIP - JPNN.com Jatim
ARCI merilis hasi survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur. Gerindra menyalip PKB menempel PDIP di peringkat teratas. Foto: Dok. ARCI.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol) di Jawa Timur. Hasilnya, PDI Perjuangan ditempel ketat oleh Gerindra.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan dari hasil survei yang dilakukan pada periode September 2023, PDIP Masih berada di peringkat paling atas. Namun, di bawahnya ditempel ketat Gerindra yang menggeser PKB.

"PDIP masih kokoh di Jatim meski selisih angkanya tidak lebar dengan Gerindra. Masih ada empat bulan lebih menuju Pemilu 2024," kata Baihaki, Kamis (21/9).

Dalam survei ARCI, elektabilitas PDIP di angka 18,3 persen, disusul Gerindra 15,1 persen, dan PKB 14,5 persen. Kemudian Golkar di peringkat empat sebesar 14,3 persen.

Kenaikan elektabilitas Gerindra, kata Baihaki, mengikuti elektabilitas Prabowo Subianto di Jatim. Namun, selisih suara masih dalam batas margin of error.

"Pertarungan memperebutkan tiga besar di Jatim sengit antara Gerindra, PKB, dan Golkar. Khusus Gerindra yang menyalip PKB ini kejutan," ujarnya.

Menurutnya, Gerindra mendapat banyak perolehan suara dari pemilih nahdiyin yang sebelumnya banyak memilih PKB.

"Elit-elit Gerindra di Jatim kita ketahui dekat dengan ulama-ulama NU, baik itu kultural dan struktural. Posisi ini membuat Gerindra berpotensi mendapat suara dari voters kalangan nahdiyin di Pileg 2024," jelasnya.

ARCI merilis hasi survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur. Gerindra menyalip PKB menempel PDIP di peringkat teratas.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News