Survei SSC: Wali Kota Eri Peringkat Tiga dalam Bursa Cagub Jatim

Jumat, 14 Juli 2023 – 13:38 WIB
Survei SSC: Wali Kota Eri Peringkat Tiga dalam Bursa Cagub Jatim - JPNN.com Jatim
Pemaparan hasil survey SSC. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Lembaga riset Surabaya Survey Center (SSC) menyebutkan Wali Kota Eri Cahyadi memiliki tingkat elektabilitas sebesar 18,4 persen dalam bursa calon Gubernur Jatim.

Kesimpulan itu berdasarkan hasil survei SSC yang dilakukan pada tanggal 20-30 Juni 2023 di 31 kecamatan Kota Surabaya.

Peneliti senior Surokim Abdussalam mengungkapkan dalam survey yang dilakukan SSC, Eri menempati posisi ketiga dalam calon Gubernur Jatim.

“Memang Khofifah masih memuncaki hasil survei elektabilitas di Jatim dengan 36,3 persen. Posisi kedua ada Tri Rismaharini yang mencatatkan angka sebesar 19,8 persen. Ada Eri Cahyadi dengan angka 18,4 persen. Kemudian ada Emil Dardak dengan 11,3 persen,” kata Surokim, Kamis (14/7).

Sementara nama-nama seperti Syaifullah Yusuf memperoleh angka 3,3 persen, Anwar Sadat dengan 2,4 persen, Kusnadi dengan 1,8 persen serta Achmad Fauzi dengan 1,6 persen.

Surokim mengatakan berdasarkan fakta empirik, angka 36 persen untuk seorang incumbent adalah bukan angka yang aman.

“Dengan fakta tersebut, di gelaran Pilgub 2024, Baik Risma, Eri maupun Emil akan menjadi penantang serius buat Khofifah. Apalagi jika dalam waktu tersisa menjelang 2024 ini Khofifah tidak bisa melahirkan program-program terobosan yang bisa merebut hati pemilih,” tandas Surokim yang juga Dosen FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini.

Perlu diketahui, survey yang dilakukan oleh SSC ini melibatkan Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Tingkat elektabilitas Wali Kota Eri dalam bursa Cagub Jatim capai 18,4 persen. Lebih tinggi timbang Wagub Emil
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News