Pengamat: Bulan Bung Karno di GBK Sebagai Tolak Ukur Kesiapan PDIP di Pemilu 2024

Selasa, 27 Juni 2023 – 16:11 WIB
Pengamat: Bulan Bung Karno di GBK Sebagai Tolak Ukur Kesiapan PDIP di Pemilu 2024 - JPNN.com Jatim
Ribuan kader banteng saat menghadiri acara puncak Bulan Bung Karno di GBK Jakarta beberapa waktu lalu. Foto: Dok. PDIP Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Stadion Gelora Bung Karno (GBK) menjadi venue acara peringatan Bulan Bung Karno yang diselenggarakan PDI Perjuangan. Kegiatan itu dihadiri ribuan kader banteng dari Tanah Air.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menilai agenda tersebut sebagai wujud kesolidan PDIP. Dia tak heran karena menilai partai tersebut unggul dari segi kekuatan, kaderisasi, konsolidasi, dan pendisiplinan kader.

“Dengan ideologi partai yang kuat, kepemimpinan dan komando partai, serta dukungan kekuatan arus bawah membuat PDIP selalu bisa menunjukkan kelas dan kekuatannya di hadapan publik,” kata Surokim, Selasa (27/6).

Apabila melihat unjuk kekuatan di GBK, hal tersebut bisa menjadi tolak ukur kesiapan PDIP menghadapi Pemilu 2024.

Surokim menilai tidak mudah menjadi PDIP dalam fase saat ini. Partai tersebut sudah melewati beragam fase sejarah yang kerap dipenuhi turbulensi dan mampu menghadapinya dengan baik.

“Tidak mudah menahkodai partai dalam situasi seperti itu dan PDIP sudah membuktikannya dengan basis pengkaderan yang mapan. Bisa jadi, partai tersebut menjadi satu-satunya yang siap menyambut Pemilu 2024,” ucapnya.

Tak hanya itu, peneliti Surabaya Survey Center (SSC) tersebut menyebut PDIP bisa menunjukkan tuah simboliknya, yaitu bisa eksis dan berkembang dalam segala zaman yang terus berubah.

Dengan show of force konsolidasi, kader PDIP bisa menguatkan semangat, menjaga psikologis kader, dan para pendukungnya. 

Khadiran kader banteng dari Tanah Air di GBK dalam peringatan Bulan Bung Karno dinilai sebagai tolak ukur kesiapan di Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News