Pakar Beber Alasan PDIP Punya Elektabilitas Tinggi di Surabaya

Jumat, 20 Januari 2023 – 20:08 WIB
Pakar Beber Alasan PDIP Punya Elektabilitas Tinggi di Surabaya - JPNN.com Jatim
Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono (tengah) memberi salam ke warga. ANTARA/HO-PDIP Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pakar Politik Unair Hari Fitrianto menilai PDIP berjaya di Surabaya lantaran konsisten turun ke akar rumput dan aktif kampanye lewat media sosial membuat elektabilitas mencapai 46,7 persen.

“Konsistensi PDIP menggarap dunia maya dan akar rumput inilah yang akhirnya membuat elektabilitasnya sangat tinggi,” kata Hari tertulis, Kamis (19/1).

Menurutnya, sebanyak 55,9 persen jawaban responden memasang atribut partai bergambar banteng itu di rumah masing-masing.

"Baru soal atribut saja, PDIP sudah berjaya. Itu artinya apa? mampu menguasai visualisasi kampanye di tingkat offline," tuturnya.

Terkait gerakan partai, dominasi atribut menunjukkan bahwa para kader banteng bergerak kompak dan sering turun ke masyarakat. Hal itu terbukti dari responden survei sebanyak 50,5 persen.

Kemudian kampanye di media sosial menunjukkan PDIP mencapai 55,5 persen.

“PDIP konsisten menggarap tiga hal, yakni atribut, tim sukses, dan kampanye di media sosial,” lanjutnya.

Kemenangan Eri-Armuji dalam Pilkada 2020 juga membuat mesin PDIP makin mudah digerakkan. Hattrick dalam Pilkada Surabaya memiliki pengaruh besar karena kepala daerahnya representasi partai tersebut.

Pakar Politik membeberkan alasan PDIP memiliki elektabilitas tinggi hingga hattrick di Surabaya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News