Jika Khofifah Maju Pilgub Jatim dan Lepas Emil, Sosok Ini Bisa Jadi Pengganti

Selasa, 20 September 2022 – 18:00 WIB
Jika Khofifah Maju Pilgub Jatim dan Lepas Emil, Sosok Ini Bisa Jadi Pengganti - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirajt menunjukkan hasil persentasi simulasi tiga pasangan dalam Pilgub Jatim. Foto: Dok. ARCI.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Khofifah Indar Parawansa disandingkan dengan Achmad Fauzi memperoleh suara cukup besar jika Pilgub Jatim digelar saat ini. Suara tersebut didapat dari hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Berdasarkan simulasi tiga pasangan, duet Khofifah-Fauzi memperoleh dukungan 40,1 persen, disusul pasangan Emil Dardak-Fauzan Fuadi 17,2 persen, Heru Tjahjono-Eri Cahyadi 10,5 persen.

Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 32,2 persen.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan duet Khofifah-Fauzi memiliki peluang cukup besar jika disandingkan dalam simulasi pasangan pilgub. Faktor itu dipengaruhi karena Bupati Sumenep adalah toko milenial berprestasi.

"Dia juga punya basis massa cukup besar. Itu bisa mendongkrak perolehan suara," kata Baihaki tertulis, Selasa (20/9)

Menurut dia, Fauzi menjadi alternatif pasangan cawagub adalah yang paling realistis jika berlanjut pada Pilgub Jatim 2024. Khofifah harus mencari kader dari PDIP untuk mengamankan suara nasionalis dan di Madura.

"Seandainya melepas Emil maka harus mengambil sosok PDIP yang milenial dan punya prestasi," tuturnya.

Elektabilitas Achmad Fauzi juga terus mengalami kenaikan, yakni 4,7 persen sedangkan pada survei periode sebelumnya dia hanya memperoleh suara 2,08 persen.

Simulasi ARCI menyebut jika Khofifah tidak menggandeng Emil Dardak dalam Pilgub Jatim, sosok pengganti yang mendongkrak suaranya ialah Achmad Fauzi dari PDIP.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News