Saat Khofifah Dipasangkan dengan Gus Fawait dalam Simulasi Pilgub 2024, Persentasenya Tinggi

Kamis, 21 Juli 2022 – 21:05 WIB
Saat Khofifah Dipasangkan dengan Gus Fawait dalam Simulasi Pilgub 2024, Persentasenya Tinggi - JPNN.com Jatim
Hasil survei dari ARCI mengenai simulasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilgub Jatim 2024. Foto: Dok. ARCI.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei simulasi pasangan calon (paslon) dalam Pilgub 2024.

Nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait atau Gus Fawait berada di peringkat pertama dengan persentase 34,58 persen.

"Elektabilitas Khofifah masih dominan, belum ada calon atau nama lain yang mendekati. Saat digandengkan dengan Fawait angkanya mencapai 35 persen," ujar Direktur ARCI Baihaki Siraijt, Rabu (20/7).

Di urutan kedua ada nama Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak dan Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah dengan persentase 15,08 persen.

Kemudian, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf dan Mensos RI Tri Rismaharini 11 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab 39,33 persen.

Menurut Baihaki meski elektabilitas Khofifah tak tertandingi, tetapi warga Jatim masih bimbang karena dia bakal maju lagi sebagai gubernur atau tidak pada 2024.

Selain itu, elektabilitas Partai Gerindra di Jatim posisinya tiga besar di bawah PDIP dan PKB. Baihaki menilai kedekatan Gerindra dengan NU menjadi faktor kepercayaan warga NU terhadap partai tersebut.

"Gerindra ini mulai merangkak naik mendekati PDIP. Banyak faktor yang kami temukan di lapangan, salah satunya masifnya pengurus Gerindra turun ke daerah. Faktor lainnya juga memiliki ketua dengan latar belakang NU (Anwar Sadad)," tuturnya.

Khofifah dengan Gus Fawait saat disimulasikan sebagai pasangan calon dalam Pilgub Jatim berada di peringkat pertama dengan persentase 34,58 persen.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News